Setelah melakukan seleksi administrasi, seleksi teknis dan seleksi pitching, Direktorat Tata Kelola Ekonomi Digital beserta Tim Penilai Teknis/Kuraot telah menentukan sebanyak 41 Penerima Bantuan Pemerintah Program Nyatakan.id Tahun 2021. Penerima Bantuan Pemerintah ini dituangkan dalam Surat Keputusan Nomor : B/KU.00.06/373/SK/PPK/BAPAREKRAF/DEDPK.2/VI/2021 tanggal 28 Juni 2021 tentang Penerima Bantuan Pemerintah Nyatakan.id Tahun 2021.
Berdasarkan kategori, Penerima Bantuan Nyatakan.id Tahun 2021 terdiri dari 34 Perorangan, 6 Badan Usaha/Startup, serta 1 Komunitas/ Lembaga/ Asosiasi/ Organisasi Masyarakat Lain. Sedangkan berdasarkan tematik, 17 ide tematik Emerging Technologies, 15 Aplikasi/Game Pendukung DPSP, dan 9 tematik AR/VR Borobudur.
Berikut daftar lengkap Penerima Bantuan Pemerintah Program Nyatakan.id Tahun 2021:
No | Nama Pengusul | Tematik | Kota | Judul Proposal |
---|---|---|---|---|
1 | Teuku Munawarsyah | Aplikasi/Game Pendukung DPSP | KOTA TANGERANG SELATAN | Aplikasi Wisata Aman |
2 | Agita Ratna Jelita | Emerging Technologies | KOTA BANDUNG | MEMULIHKAN PARIWISATA MELALUI JARAMBA - PLATFORM MOBILITAS TERINTEGRASI |
3 | Slamet Arifudin | Emerging Technologies | KABUPATEN PEKALONGAN | Pengembangan Aplikasi Cashbond, Platform Uang Elektronik Dengan Fitur Pembayaran Gaji Karyawan Guna Meningkatkan Pencegahan Penyebaran Covid19 Melalui Transaksi Cashless |
4 | Haris Alwafi | Emerging Technologies | KABUPATEN SLEMAN | Pengembangan Foody Cari Makan sebagai Marketplace Makanan Penggerak UMKM |
5 | Maulana Rizqi | Aplikasi/Game Pendukung DPSP | KOTA SURABAYA | Petualangan Borobudur |
6 | Putu Wirayudi Aditama | Aplikasi/Game Pendukung DPSP | KOTA DENPASAR | APLIKASI SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA (APASIBI) |
7 | Mohammad Iqbal | Emerging Technologies | KOTA BANDUNG | POTENSIKU - Aplikasi Tes Kepribadian, Minat & Bakat untuk Perencanaan Karir & Kuliah sejak Dini Berbasis Big Data |
8 | Priyo Nugroho | Aplikasi/Game Pendukung DPSP | KABUPATEN MAGELANG | plesiran |
9 | Mahyuddin Noor | Emerging Technologies | KOTA BANJARMASIN | Cariguru |
10 | Theresia Emi Rahayu | Aplikasi/Game Pendukung DPSP | KABUPATEN SLEMAN | "TUALANG" PENGEMBANGAN SISTEM PARIWISATA BOROBUDUR BERBASIS APLIKASI PANDUAN WISATA |
11 | Sularso Budilaksono | Emerging Technologies | KOTA SEMARANG | “SINEMA STARTUP” New Platform Calon Kreator Startup dengan Metode Semai, Inkubasi, Menebar dan Memadu-Padankan |
12 | Raimun Samsul | Emerging Technologies | KOTA BANDUNG | Aplikasi Online Printing Marketplace |
13 | Ventje Engel | Emerging Technologies | KOTA BANDUNG | TRAVITUDE Game Film Interaktif Pembangkit Semangat Wisata |
14 | andri karishma putra | Emerging Technologies | KOTA BANDUNG | Alat Bantu Ajar OlahRaga Berbasis AR |
15 | I Gede Totok Suryawan | Aplikasi/Game Pendukung DPSP | KOTA DENPASAR | Gringsing 4D |
16 | Ayoo Kreasi | Aplikasi/Game Pendukung DPSP | KOTA JAKARTA BARAT | Game Destinasi Pariwisata Super Prioritas "Indonesia Running" |
17 | Antony Pringgorahardjo | AR/VR Borobudur | KABUPATEN BANDUNG | Augmented Reality Borobudur |
18 | Arky Rinaldy | Emerging Technologies | KOTA TANGERANG SELATAN | SmartBike - Borobudur Gamification Concept Proposal |
19 | Erga Ghaniya | Emerging Technologies | KOTA JAKARTA SELATAN | Borobudur Interactive Wall |
20 | Caesar Sutrisna | AR/VR Borobudur | KOTA TANGERANG SELATAN | Find Relief AR |
21 | Hendra Setiawan | Aplikasi/Game Pendukung DPSP | KOTA YOGYAKARTA | Proposal Aplikasi Karnaval.ID |
22 | Justitia Millevania | Emerging Technologies | KOTA JAKARTA PUSAT | KECILIN VPN+ SEBAGAI PERWUJUDAN DARI KESETARAAN INTERNET AKSES DI INDONESIA |
23 | Agate International | Aplikasi/Game Pendukung DPSP | KOTA BANDUNG | QR Code Scanner - Borobudur Gamification |
24 | I Made Marthana Yusa | Aplikasi/Game Pendukung DPSP | KABUPATEN TABANAN | PERANCANGAN TAP GAME SATRIA INDONESIA |
25 | Irham Mulkan | Aplikasi/Game Pendukung DPSP | KOTA BANDUNG | Hyper-realistic Virtual Tour |
26 | Reyhan Azhari | AR/VR Borobudur | KABUPATEN BEKASI | WIGO |
27 | Dicky Iskandar | AR/VR Borobudur | KOTA TANGERANG SELATAN | Pembuatan Aplikasi Virtual Guide Menggunakan Teknologi Augmented Reality - Borobudur Guide AR |
28 | iki mazadi | AR/VR Borobudur | KABUPATEN TEMANGGUNG | Borobudur VR Experience |
29 | Ramiz Azhar | Emerging Technologies | KOTA JAKARTA UTARA | Fitmyday.id : Era Baru Merawat Kesehatan Mental Berbasis Aplikasi Streaming Audio Hipnoterapi |
30 | Putri Ayu Aisyah | Aplikasi/Game Pendukung DPSP | KOTA JAKARTA SELATAN | ExpoVR - Platform Builder VR Expo di 5 DPSP |
31 | Rachmat Krismono | AR/VR Borobudur | KABUPATEN SLEMAN | Nirbana: Aplikasi Pengidentifikasi Relief Candi Berbasis Sistem Identifikasi Relief (SIRel) |
32 | Fariz Sidik | Emerging Technologies | KABUPATEN BANYUMAS | Sistem Informasi Desa Sisdes 2.0 dalam rangka New Normal |
33 | Faishal Rezza Rizaldy | AR/VR Borobudur | KOTA JAKARTA SELATAN | EduBorobudur - Aplikasi AR Pengenalan Candi Borobudur |
34 | Made Wira Aditya | Aplikasi/Game Pendukung DPSP | KOTA JAKARTA TIMUR | Proposal Ide Game nyatakan.id 2021 - AKB:Bandara |
35 | Damaya Noor Arifin | Aplikasi/Game Pendukung DPSP | KABUPATEN BANTUL | GuideIn - Mobile Application for Guide Indonesia |
36 | Andri Muhyidin | Emerging Technologies | KABUPATEN SLEMAN | IntegraCI - Lightweight CICD Platform "CICD Platform Pertama dari Indonesia" |
37 | Komunitas Turah Budaya | AR/VR Borobudur | KABUPATEN KLATEN | APLIKASI BARABUDHUR: ALTERNATIF BERMAIN, BELAJAR, DAN BERWISATA DI CANDI BOROBUDUR PADA MASA KENORMALAN BARU |
38 | Muhammad Adi Febri Setiawan | Emerging Technologies | KABUPATEN BANTUL | Valida.id : Platform Validasi Dokumen berbasis Blockchain dan Digital Signature Pertama di Indonesia |
39 | Bagus Kristomoyo Kristanto | Emerging Technologies | KOTA SURABAYA | Tandur |
40 | Yesiana Ihda Kusnayain | Aplikasi/Game Pendukung DPSP | KABUPATEN SIDOARJO | Ndeso.id Aplikasi Berbasis Konsep Smart Village Terintegrasi dengan Fitur Gamifikasi untuk Percepatan Ekonomi Desa |
41 | Borobudur Treasure Adventure | AR/VR Borobudur | KOTA YOGYAKARTA | Borobudur Treasure Adventure - Lampaui Era Lintas Udara |
Selamat kepada para Penerima Bantuan Program Nyatakan.id tahun 2021.
Ketetapan ini dibuat berdasarkan penilaian oleh Tim Penilai Teknis/Kurator yang bersifat independent dan multidisipliner. Demikian ketetapan ini dibuat dengan sebenarnya dan tidak dapat diganggu gugat.
Jakarta, 17 Agustus 2021 - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) melalui Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif menyatakan bahwa program Nyatakan.id 2021 yang diperuntukkan bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif dibatalkan dan dialihkan ke pos penanganan COVID-19.
Hal ini merujuk pada Surat Menteri Keuangan Nomor S-584/MK.02/2021 tanggal 6 Juli 2021 perihal Refocusing dan Realokasi Belanja Kementerian/Lembaga TA 2021, serta Nota Dinas Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf Nomor B/KU.00.07/975/S/2021 tentang Refocusing dan Realokasi Belanja TA 2021 pada 12 Juli 2021. Sehingga anggaran program Nyatakan.id tidak tersedia akibat refocusing anggaran yang dilakukan, guna membantu penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional.
Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Ekonomi Kreatif, Kemenparekraf/Baparekraf Muhammad Neil El Himam, dalam keterangannya, Selasa (17/8/2021) menyampaikan terima kasih sekaligus permohonan maaf kepada para peserta yang telah berpartisipasi dan meluangkan waktunya dalam program Nyatakan.id. Ia memahami bahwa banyak tahapan yang harus dilalui oleh peserta. Akan tetapi, keputusan ini dilakukan agar pandemi COVID-19 dapat segera teratasi.
“Langkah responsif ini kami ambil dengan penuh pertimbangan, mengingat aspek kesehatan dan keselamatan menjadi hal prioritas di tengah mewabahnya virus corona. Sehingga, anggaran program Nyatakan.id kami alokasikan untuk membantu penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional,” kata Neil.
Seperti diketahui, Nyatakan.id adalah program bantuan fasilitasi dalam bentuk dana sebesar maksimal Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) bagi para pelaku usaha sektor pariwisata dan ekonomi kreatif untuk mewujudkan ide kreatifnya dalam bentuk aplikasi dan permainan digital.
Ada tiga tema besar yang menjadi fokus utama program ini, yaitu Emerging Technologies (Cyber security, Blockchain, Big Data, IoT, e-health, dan lain-lain); AR/VR (Augmented Reality/Virtual Reality) Borobudur; dan aplikasi atau permainan digital yang mendukung program Destinasi Super Prioritas (DSP).
Untuk tahapan pelaksanaan program Nyatakan.id 2021 sendiri telah sampai pada penetapan 41 penerima bantuan dan telah diumumkan melalui kanal media sosial dan website nyatakan.id pada 1 Juli 2021.
“Namun, tahapan berikutnya yaitu ikatan komitmen atau kerja sama yang akan dilakukan pada 1 September 2021 tidak bisa terlaksana. Keputusan ini memang berat, tapi kami harap 41 peserta yang sudah terpilih dapat menerimanya dengan lapang dada dan semoga pandemi COVID-19 segera usai,” ungkapnya.
Meskipun program Nyatakan.id tidak dapat berjalan di tahun ini, akan tetapi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Eonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menuturkan Kemenparekraf akan terus berupaya membantu para pelaku ekonomi kreatif, khususnya subsektor aplikasi atau game untuk dapat mewujudkan ide kreatifnya dan membuka akses pasar seluas-luasnya. Terlebih di tengah situasi pandemi COVID-19 saat ini, subsektor Aplikasi Game Developer (AGD) menunjukkan tren kenaikan positif dibandingkan dengan subsektor lainnya, dengan jumlah pertumbuhan sebesar 4,47 persen di tahun 2020.
“Oleh karena itu, saya mengajak para peserta yang telah mengikuti program Nyatakan.id dan seluruh stakeholder di Indonesia untuk tetap positif, semangat, dan optimistis, karena kita melihat kondisi ini sangat dinamis, tapi kita yakin subsektor aplikasi dan game ini ada peluang yang harus dimanfaatkan untuk menjadi pemenang,” katanya.
Cecep Rukendi
Plt. Kepala Biro Komunikasi
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Dalam rangka melanjutkan kembali Program Nyatakan.id yang pada tahun lalu ditunda pemberian bantuannya akibat refocusing anggaran yang dilakukan guna membantu penanganan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Seluruh Penerima Bantuan yang telah dinyatakan lolos pada tahun 2021 diwajibkan untuk mengirimkan kembali berkas persyaratan administrasi, proposal, dan RAB yang telah disesuaikan di tahun 2022.r :
Direktorat Tata Kelola Ekonomi Digital telah melakukan seleksi administrasi terhadap calon penerima yang lolos di tahun 2021 dan telah mengunggah kembali proposalnya melalui website nyatakan.id. Selanjutnya, kami menetapkan 33 Penerima Bantuan Pemerintah Program Nyatakan.id 2022 yang dituangkan dalam Surat Keputusan Nomor: SK/159/PPK/BAPAREKRAF/DEDPK.2/9/2022 tanggal 26 September 2022 tentang Penerima Bantuan Pemerintah Nyatakan.id Tahun 2022.
Berdasarkan kategori, Penerima Bantuan Nyatakan.id Tahun 2022 terdiri dari 29 Perorangan, 3 Badan Usaha/Startup, serta 1 Komunitas/ Lembaga/ Asosiasi/ Organisasi Masyarakat Lain. Sedangkan berdasarkan tematik, 12 ide tematik Emerging Technologies, 15 Aplikasi/Game Pendukung DPSP, dan 6 tematik AR/VR Borobudur.
Berikut daftar lengkap Penerima Bantuan Pemerintah Program Nyatakan.id Tahun 2021:
No | Nama Pengusul | Kota | Tematik | Judul Proposal |
---|---|---|---|---|
1 | Ventje Engel | Kota Bandung | Aplikasi/ Game Pendukung DPSP | TRAVITUDE Game Film Interaktif Pembangkit Semangat Wisata |
2 | Maulana Rizqi | Kota Surabaya | Aplikasi/ Game Pendukung DPSP | Petualangan jagad: Episode Borobudur |
3 | Irham Mulkan | Kota Bandung | Aplikasi/ Game Pendukung DPSP | Hyper-realistic Virtual Tour |
4 | Made Wira Aditya | Kota Jakarta Timur | Aplikasi/ Game Pendukung DPSP | Adaptasi Kebiasan Baru : Bandara |
5 | Putu Wirayudi Aditama | Kota Denpasar | Aplikasi/ Game Pendukung DPSP | APLIKASI SISTEM ISYARAT BAHASA INDONESIA (APASIBI) |
6 | Hendra Setiawan | Kota Yogyakarta | Aplikasi/ Game Pendukung DPSP | Aplikasi Karnaval.Id |
7 | Putri Ayu Aisyah | Kota Jakarta Selatan | Aplikasi/ Game Pendukung DPSP | ExpoVR: Platform Builder VR Expo di 5 DPSP |
8 | Rachmat Krismono | Kabupaten Sleman | AR/VR Borobudur | NIRBANA: APLIKASI PENGIDENTIFIKASI RELIEF CANDI BERBASIS SISTEM IDENTIFIKASI RELIEF (SIRel) |
9 | Faishal Rezza Rizaldy | Kota Jakarta Selatan | AR/VR Borobudur | EduBorobudur: Aplikasi AR Pengenalan Candi Borobudur |
10 | Andri Muhyidin | Kabupaten Sleman | Emerging Technologies | IntegraCI - Lightweight CICD Platform CICD Platform Pertama dari Indonesia |
11 | I Made Marthana Yusa | Kabupaten Tabanan | Aplikasi/ Game Pendukung DPSP | Perancangan Tap Game Satria Indonesia |
12 | Iki Mazadi | Kabupaten Temanggung | AR/VR Borobudur | Borobudur VR Experience |
13 | Agita Ratna Jelita | Kota Bandung | Emerging Technologies | MEMULIHKAN PARIWISATA MELALUI JARAMBA - PLATFORM MOBILITAS TERINTEGRASI |
14 | Ayoo Kreasi | Kota Jakarta Barat | Aplikasi/ Game Pendukung DPSP | Penjelajah Nusantara (sebelumnya Indonesia Running) |
15 | Theresia Emi Rahayu | Kabupaten Sleman | Aplikasi/ Game Pendukung DPSP | “TUALANG” PENGEMBANGAN SISTEM PARIWISATA BOROBUDUR BERBASIS APLIKASI PANDUAN WISATA |
16 | Mohammad Iqbal | Kota Bandung | Emerging Technologies | POTENSIKU - Aplikasi Tes Kepribadian, Minat & Bakat untuk Perencanaan Karir & Kuliah sejak Dini Berbasis Big Data |
17 | Mahyuddin Noor | Kota Banjarmasin | Emerging Technologies | Cariguru |
18 | Komunitas Turah Budaya | Kabupaten Klaten | AR/VR Borobudur | APLIKASI BARABUDHUR: ALTERNATIF BERMAIN, BELAJAR, DAN BERWISATA DI CANDI BOROBUDUR PADA MASA KENORMALAN BARU |
19 | Dicky Iskandar | Kota Tangerang Selatan | AR/VR Borobudur | Pembuatan Aplikasi Virtual Guide Menggunakan Teknologi Augmented Reality - Borobudur Guide AR |
20 | Ramiz Azhar | Kota Jakarta Utara | Emerging Technologies | Fitmyday.id : Era Baru Merawat Kesehatan Mental Berbasis Aplikasi Streaming Audio Hipnoterapi |
21 | Damaya Noor Arifin | Kabupaten Bantul | Aplikasi/ Game Pendukung DPSP | GuideIn- Mobile Application for Guide Indonesia |
22 | Raimun Samsul | Kota Bandung | Emerging Technologies | Aplikasi Online Printing Marketplace |
23 | Andri Karishma Putra | Kota Bandung | Aplikasi/ Game Pendukung DPSP | Alat bantu ajar Olahraga Berbasis AR |
24 | Haris Alwafi | Kabupaten Sleman | Emerging Technologies | Pengembangan KulinerKu sebagai Marketplace Makanan Penggerak UMKM |
25 | Antony Pringgorahardjo | Kabupaten Bandung | AR/VR Borobudur | Augmented Reality Borobudur |
26 | Muhammad Adi Febri Setiawan | Kabupaten Bantul | Aplikasi/ Game Pendukung DPSP | Vokasign : Platform Validasi Dokumen berbasis Blockchain dan Digital Signature Pertama di Indonesia |
27 | Fariz Sidik | Kabupaten Banyumas | Emerging Technologies | Sistem Informasi Desa Sisdes 2.0 dalam rangka New Normal |
28 | Slamet Arifudin | Kabupaten Pekalongan | Emerging Technologies | Pengembangan Aplikasi CashBond, Platform Uang Elektronik Dengan Fitur Pembayaran Gaji Karyawan Guna Meningkatkan Pencegahan Penyebaran Covid19 Melalui Transaksi Cashless |
29 | Sularso Budilaksono | Kota Semarang | Emerging Technologies | “SINEMA STARTUP” New Platform Calon Kreator Startup dengan Metode Semai, Inkubasi, Menebar dan Memadu-Padankan |
30 | Bagus Kristomoyo Kristanto | Kota Surabaya | Emerging Technologies | Tandur |
31 | Yesiana Ihda Kusnayain | Kabupaten Sidoarjo | Aplikasi/ Game Pendukung DPSP | Ndeso.id Aplikasi Berbasis Konsep Smart Village Terintegrasi dengan Fitur Gamifikasi untuk Percepatan Ekonomi Desa |
32 | I Gede Totok Suryawan | Kota Denpasar | Aplikasi/ Game Pendukung DPSP | Gringsing 4D |
33 | Priyo Nugroho | Kabupaten Magelang | Aplikasi/ Game Pendukung DPSP | PLESIRAN |
Selamat kepada para Penerima Bantuan Program Nyatakan.id tahun 2022.
Demikian ketetapan ini dibuat dengan sebenarnya dan tidak dapat diganggu gugat.